Cerita Tentang Pembuatan Peta Politeknik Negeri Bali (PNB)

Sebulan yang lalu saya ingin membuat peta digital Politeknik Negeri Bali (PNB) yang benar-benar baru dan berbeda. Tapi apa boleh buat, para guru besar memberi tugas-tugas harus didahulukan untuk dikerjakan. Saya juga diminta ke Denpasar untuk membantu Karang Taruna Satya Mahardika dalam lomba karang taruna kota Denpasar. Selain itu diperlukan banyak waktu ke PNB untuk melaporkan Penugasan Kembali serta mengajukan ijin Tugas Belajar S3 di Universitas Indonesia (UI). Sekembalinya ke Jakarta, kampus UI memberikan semangat baru untuk menyelesaikan peta ini. Sebagai mahasiswa S3 Teknik Elektro, saya memperoleh ruangan kerja tersendiri yang tenang, full ac, dengan dukungan koneksi internet kampus berkecepatan tinggi yang mampu mengakses berbagai jurnal internasional, bertempat di Gedung Engineering  Center FTUI . Pada ruangan ini juga disediakan water dispenser beserta teh, gula, dan kopi. Sungguh nyaman untuk berpikir dan bekerja dalam waktu lama. Kami menyebutnya ruang KD (Kandidat Doktor). Peta ini dibuat selama beberapa hari di ruang KD dengan konsekuensi pulang ke tempat kost yang semakin malam. Untunglah ada teman-teman yang bisa diajak pulang malam bersama, mengingat bis kuning UI, kendaraan dinas saya di UI, hanya beroperasi hingga pukul 21.00 WIB. Pernah saya merenung di ruang KD membayangkan selama belasan tahun saya bekerja sebagai di PNB, tidak juga dapat ruangan untuk bekerja  secanggih ini. Mungkin karena itu saya jadi jarang ke PNB dan lebih suka kerja sosial. Di Bali, kegiatan sosial kemasyarakatan sangat menarik bagi saya, sehingga saya pernah menjadi prajuru Banjar Catur Panca, lalu pernah ditugaskan sebagai pangemong Pura Jlih Lambih Pekambingan, serta juga dulu pernah aktif mengurus pecalang Tri Jaga Mandala, dan sekarang masih menjabat bendahara LPM Kelurahan Dauh Puri.  Aneh memang, karena sudah jelas pekerjaan sosial ini, PRnya banyak, tapi Rpnya sedikit. Malah sering harus keluar dari kantong sendiri. Lho, katanya cerita tentang Pembuatan Peta PNB, kenapa malah cerita  begini-begitu? Singkat cerita, setelah mencoba dengan berbagai cara, peta digital ini berhasil saya selesaikan walaupun masih perlu disempurnakan mengingat ada beberapa ruangan dan gedung di PNB yang hingga saat ini belum pernah saya kunjungi. Hasilnya dapat dilihat melalui link ini:

Link ke Peta Politeknik Negeri Bali

Mohon maaf jika ada bagian tulisan ini yang tidak berkenan di hati. Semoga peta ini bermanfaat untuk mengenalkan PNB kepada masyarakat melalui media internet.

Terima kasih kepada Dewa Gede Agus Tri Putra dan Fajar Surya Herlambang yang telah melengkapi informasi untuk peta  PNB ini. Juga untuk teman-teman yang telah melewati waktu bersama di Ruang KD, Gedung Engineering  Center FTUI.

Salam hormat saya kepada seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Bali,

Anak Agung Ngurah Gde Sapteka.

Link ke Peta Politeknik Negeri Bali

—————————————————-0OOO0—————————————————-

di bawah ini merupakan space iklan yang diisi secara otomatis oleh WordPress, bukan oleh saya…Terima kasih WordPress.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: